Posted on

Servis HP, e-Wallet Kandas

Artikel ini merupakan bagian dari program #MelekUang: E-Wallet, entah apa yang merasuki-Mu ?!
Program ini merupakan kerjasama antara beberapa perusahaan berbasis blockchain untuk meningkatkan kesadaran atas perlindungan data pengguna dan transaksi finansial khususnya uang dan dompet digital (e-wallet).
Tulisan-tulisan dalam program #MelekUang, terinsipirasi dari kejadian-kejadian nyata. Walaupun demikian, beberapa tokoh, karakter, kejadian, lokasi dan dialog adalah fiksi dan disusun dengan dramatis agar lebih menarik. Jika ada kesamaan nama tokoh, tempat kejadian ataupun cerita, itu adalah kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan.

Lain Bayu, lain lagi cerita Naen, temannya. Gara-gara layar HP pecah, dia membawanya ke tukang servis hp dan wajib ditinggal selama dua hari. Selain itu HP harus dalam keadaan tidak terpassword. Naen mengiyakan saja lalu pulang ke Kosan Bayu untuk segera belajar ujian besok.

Cerita tentang servis HP ini didengar Bayu, yang juga apes kehilangan HP beberapa hari yang lalu. Tiba-tiba Bayu meloncat dan menoyor Naen. “SEGERA KEMBALI KE TOKO, AMBIL SIMCARD MU!!!!” Naen dengan kaget bercampur emosi tysonnya, tiba-tiba kaku. Maka mereka berdua segera berlari menuju toko hape tersebut, karena akan segera tutup jam 7 malam nanti.

Untunglah masih saja buka, dan Naen dengan segera meminta HP-nya kembali mencoba membuka aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan finansial. Karena panik, dengan layar yang pecah dia tidak bisa membukanya dengan sukses. Panik karena awan sangat gelap tanda akan hujan deras.

Bayu ingat, Anita, kekasihnya pernah meminta dia menginstal sertifikat digital dan mencoba menggunakan cara yan sama ke Naen. SIM Card dicabut, dipasangnya ke hape Bayu yang belum ada simcard sama sekali. Lalu segera menginstal aplikasi PIE. Dalam waktu 5 menit maka sertifikat digital berhasil didaftarkan dan seluruh transaksi finansial Naen segera terkonsolidasi dalam hape tersebut.

“Lengkap dan User Friendly”, itulah kesasn Naen terhadap aplikasi PIE. Dilihatnya satu persatu transaksi terakhir dan ada transaksi Pisang Madu seharga 8000. Dengan Trace Your Fund, maka Naen menemukan¬† bahwa transaksi itu ternyata dikirimkan ke toko tempat dia servis HP tersebut.

Interogasi ala Mahasiswa dimulai, bukan dengan palu tapi dengan gir motor. Karyawan yang baru sebulan di sana mengaku dia membeli pisang madu menggunakan HP Naen sebelum dibongkar! Untunglah baru coba-coba dan sudah dengan cepat diantisipasi.

Tanpa aplikasi PIE, mungkin Saldo e-Wallet Naen akan kandas tanpa dosa. Ah masih ada sisa sedikit untuk beli martabak mentraktir Bayu dan kawan-kawan di sana untuk belajar ujian esok hari.

e-Wallet, entah apakah yang merasuki-Mu ?!

Program ini merupakan kerjasama dari beberapa perusahaan berbasis blockchain di Indonesia untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap keamanan data dan transaksi finansial secara digital khususnya e-wallet.

Beberapa perusahaan yang terlibat adalah:

Temindo (Teknologi Mandiri Indonesia, PT)

TEMINDO adalah perusahaan yang memberikan solusi otomasi bisnis untuk integrasi dan kolaborasi perusahaan-perusahaan dengan teknologi blockchain.
Website: https://www.temindo.com

PureHeart

PureHeart adalah inisiatif yang berbasis kegiatan sosial yang berkomitmen kepada tujuan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development goals) dengan teknologi blockchain secara menyeluruh (end-to-end) sehingga taraf hidup masyarakat Indoensia semakin meningkat.
Website: https://pureheart.ledgernow.com

SSC (Sustainable Supply Chain)

SSC (Sustainable Supply Chain) adalah solusi blockchain untuk kolaborasi cepat dan aman bagi perusahaan-perusahaan dalam rantai pasok (supply chain) yang bertujuan untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan pelayanan konsumen dan mempercepat pengiriman barang dan jasa ke konsumen.
Website: https://www.ssc.co.id

YONK

YONK adalah sebuah aplikasi pengelolaan keuangan untuk pemilik UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sehingga mereka mendapakan laporan keuangan yang real time dengan fitur predicition analysis untuk membantu meningkatkan kredibilitas UMKM kepada perusahaan pembiayaan (Financing Companies) menggunakan teknologi blockchain.
Website: https://www.yonk.io

PIE

PIE (Personal Identification Exchange) adalah solusi KYC (Know Your Customer) berbasis blockchain untuk mencegah terjadinya pencucian uang (Anti Money Laundry / AML) dan pembiayaan terorisme (Terrorism Financing)
Website: https://www.pie.co.id

AELL

AELL adalah solusi untuk membantu pengelolaan data rekam medis secara digital dan terintegrasi antar rumah sakit dan klinik sehingga mempercepat proses pelayanan pasien, mempermudah rujukan dan melindungi data pasien dengan teknologi blockchain.
Website: https://www.aell.co

BIJAK

BIJAK adalah perusahaan berbasis teknologi untuk membantu perusahan-perusahaan dalam mengimplementasi teknologi blockchain yang optimal dan dapat mempercepat proses bisnis yang terintegrasi yang aman dan terpercaya.
Website: https://www.b-jak.com

VIE

VIE adalah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi berdasarkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 (atau terbaru) dengan teknologi blockchain.
Website: https://www.vie.co.id